Beberapa Hal Yang Perlu Anda Tau Tentang Madu Trigona

Madu_trigona_lebah_propolis
Madulombok.com - Lebah Trigona termasuk lebah yang unik. Selain bentuk tubuh mereka yang kecil-kecil seukuran lalat, juga lebah jenis ini terbilang jinak dan mudah dibudidayakan.

Madu yang dihasilkan lebah trigona adalah madu super, karena kualitas madunya jauh diatas jenis lebah lainnya seperti Lebah Apis Dorsata dan Apis Cerana.

Untuk menilai kualitas madu tentu pertama-tama menilai dari khasiat yang ditimbulkannya, kemudian rasa yang diperolehnya serta struktur yang ada didalamnya. Keunggulan madu trigona dari madu-madu jenis lainnya adalah zat fitokimianya yang tidak bisa ditandinggi madu-madu jenis lainnya. Begitupula Vitamin, mineral dan enzim yang rata-rata jauh lebih tinggi dibanding madu apis cerana dan apis dorsata.

Madu Trigona juga memiliki propolis alami yang jauh berbeda dengan madu jenis lain. Bahkan sebenarnya, propolis adalah produk utamanya, sementara Madunya sendiri sering dikomentari orang sebagai produk sampingan mereka.

Bagaimana cara budidaya madu trigona ?

Para petani madu trigona di Lombok biasanya akan mengambil koloni lebah trigona produktif di hutan-hutan kemudian dipindahkan ke sarang yang dibuatkan serupa kotak kayu yang dibuat dari triplek atau papan.

Proses pemindahan ini memerlukan waktu yang cukup lama, bisa mencapai 3 minggu sampai 2 bulan. Proses pemindahan ini tidak serta merta bisa bertahan tergantung bagaimana kualitas koloni lebah dari segi kesehatannya serta produktifitasnya.

Tingkatan Tingkatan Koloni Lebah Trigona

Menurut kami, koloni lebah trigona bisa dibagi bagi dalam beberapa tingkatan. Pertama ada koloni yang sehat, koloni seperti ini jumlahnya sangat banyak, propolisnya juga sangat banyak. Koloni seperti ini sangat produktif, bahkan pengalaman kami, koloni lebah trigona jenis pertama ini bisa dipanen setiap sebulan sekali dengan catatan pakan mencukupi di sekitar koloni.

Kedua jenis koloni berkembang, jenis koloni yang begini biasanya adalah jenis koloni lebah trigona yang baru terbentuk sekitar 4 bulan sampai 7 bulan. Koloni ini tidak cukup produktif, tetapi sudah bisa di proses untuk dibudidayakan, hanya saja harus berhati-hati karena koloni seperti ini belum menghasilkan madu trigona secara signifikan dan anggota koloni masih belum bisa disebut banyak.

Ketiga, ada koloni baru. Nah koloni yang jenis ini adalah koloni lebah trigona yang baru terbentuk. Biasaya anggota koloninya sangat sedikit. Propolis yang dihasilkannya juga masih sedikit. Sehingga kepastiannya untuk bertahan lama masih sangat meragukan.

Budidaya Madu Trigona

Ketika orang mendengar madu di budidaya, seringkali orang menganggap madu tersebut bukan madu hutan murni, apakah benar demikian? Saya jawab belum tentu.

Budidaya Lebah tidak serta merta membuat lebah menghasilkan madu dengan kualitas rendah. Hal ini tergantung pada tempat bididaya dan cara budidayanya.

Cara budidaya madu hutan atau madu trigona yang benar adalah, memelihara di kawasan yang disitu banyak sumber pakan alami. Bukan dengan memberikan pakan tambahan.

Untuk anda tahu, sekarang banyak petani lebah yang curang, caranya, mereka menyemprotkan air gula di bunga-bunga yang akan dihampiri lebah sebagai tempat mencari makan. Tentu saja cara ini membuat madu tidak alami. Karena kandungan gula dalam madu pasti tinggi.

Hal ini tentu saja akan merugikan konsumen, disamping madu sudah tidak alami juga dikhawatirkan akan berbahaya bagi kesehatan para konsumen.

Saya kira ini saja dulu sedikit ulasan kami tentang lebah trigona yang menghasilkan madu trigona. Madu paling baik saat ini di dunia yang juga sering disebut madu propolis. Semoga bermanfaat